SELAMAT DATANG DI LAMAN WEB SUBBAGIAN PENDIDIKAN FKIP UNLAM

SELAMAT DATANG DI WEBBLOG SUB BAGIAN PENDIDIKAN FKIP UNLAM


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dear Visitors,
Alhamdulillah, dengan izin-Nya kami dapat hadir diantara para blogger sekalian. Dengan tajuk Akademik in The Blogspot, kami akan berusaha menyajikan beragam informasi yang terkait dengan unit kami. Baik kegiatan rutin maupun insidental. Sebelumnya kami mohon maaf, disebabkan oleh berbagai keterbatasan di sana sini, mungkin tidak semua informasi dapat kami sajikan, atau informasi yang ada masih kurang lengkap. Untuk masalah ini, anda dipersilakan datang langsung ke gedung FKIP 1 Unlam.

Kami berharap, kehadiran blog yang sederhana ini dapat membantu kami untuk melakukan proses transparansi kelembagaan setidaknya dalam scope Sub Bagian Pendidikan FKIP Unlam. Selain, dapat menjadi media dan sarana komunikasi bagi para mahasiswa dan dosen terkait dengan aktifitas pelayanan yang kami berikan.

Tidak lupa, kami juga menerima saran konstruktif serta kritik yang membangun dari para user sekalian. Sampaikan unek-unek anda secara santun dan bertanggungjawab. Untuk keperluan ini, anda bisa menggunakan fasilitas interactive box yang kami sediakan.

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mencapai predikat ”baik”, apalagi yang ”terbaik”. Karena itu semua merupakan sebuah proses yang melibatkan seluruh komponen dan subsistem setiap unit. Dalam perspektif inilah, dan dukungan dari semua fihak, kami akan terus berbenah, Insya Allah.

Wassalam



SEKILAS TENTANG FKIP UNLAM BANJARMASIN


1. PENDAHULUAN
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu fakultas pada Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
FKIP Unlam Banjarmasin secara formal berdiri sejak tanggal 8 Desember 1983 dengan Surat Keputusan Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0566/O/1983, tetapi baru direalisasikan pada tahun 1985. Fakultas ini merupakan peleburan dua fakultas, yakni Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sampai dengan akhir tahun 2005 FKIP Unlam Banjarmasin memiliki 5 Jurusan dengan 13 Program Studi S1. 2 Program Studi Pascasarjana.

2. VISI
Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang terkemuka, yang lulusannya memiliki kemampuan akademik, profesional dan menguasai teknologi informasi serta daya saing yang tinggi.

3. MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional yang lulusannya menjadi tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dasar (TK, SD/MI dan SMP/MTs), SMA/MA dan SMK serta Pendidikan Tinggi sesuai kebutuhan pengembangan pendidikan dan pembangunan
b. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan bidang keilmuan yang terkait dengan kebutuhan pengembangan pendidikan dan pembangunan
c. Mengoptimalkan pemberdayaan dan meningkatkan kinerja dosen dan karyawan.
d. Melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan PTN/PTS di dalam dan di luar negeri, serta dengan instansi-instansi pemerintah dan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya
e. Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi sehingga setiap lulusan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pendidikan.

4. TUJUAN PROGRAM STUDI S1

a. Meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana pendidikan yang telah ada sehingga mampu memperbesar tingkat produktivitasnya.
b. Meningkatkan kualitas sumber daya akademik agar dapat menyelenggarakan kegiatan fungsional dengan kinerja yang lebih baik.
c. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan tenaga kependidikan dan profesional.
d. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang secara langsung dapat memberikan sumbangan dalam rangka peningkatan proses pembelajaran di sekolah.

5. PROGRAM STUDI

1. Pend. Sejarah
2. Pend. PKn
3. Pend. Ekonomi
4. Pend. Sosiologi
5. Pend. Geografi
6. Pend. BSID
7. Pend. Bahasa Inggris
8. Pend. Sendratasik
9. Pend. Matematika
10. Pend. Biologi
11. Pend. Kimia
12. Pend. Fisika
13. Bimbingan Konseling

6. LAMA KULIAH
Perkuliahan diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) selama 8 semester. Mahasiswa yang unggul dapat menyelesaikan kurang dari waktu tersebut, sedangkan mahasiswa yang memerlukan waktu tambahan dapat menempuh kuliah maksimal 14 semester. Mahasiswa wajib mengikuti minimal 80% tatap muka dari 14-18 minggu pertemuan agar bisa mengikuti Ujian Akhir Semester. Diakhir program mahasiswa menyusun skripsi guna meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd)

7. FASILITAS
Tersedia ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium yang terdiri dari lab.Kimia, lab.Biologi, lab.Fisika, lab.Komputer; dan ruang multimedia. Ruang perkuliahan yang representative untuk belajar dilengkapi dengan kipas angin dan OHP, merupakan bagian dari ruang kuliah FKIP dalam lingkungan yang asri. Perpustakaan memiliki berbagai macam koleksi buku yang terdiri buku bidang kependidikan serta jurnal-jurnal ilmah.

8. BEASISWA & KEMAHASISWAAN

Mahasiswa yang berprestasi dapat memperoleh beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai sumber seperti beasiswa Supersemar, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan lain-lain.
Pengembangan kreatifitas dan minat kemahasiswaan

9 KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2008 yang dirancang dapat mengakomodir kebutuhan untuk menghasilkan tenaga pengajar dalam era Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman serta diselaraskan dengan letak geografis dan ekonomis daerah.

10. LAPANGAN PEKERJAAN
Lulusan Program Strata Satu (S1) Kependidikan dapat diserap oleh pasar kerja sebagai guru dalam lingkungan DIKNAS maupun DEPAG baik berstatus PNS maupun guru bantu, guru bakti dan lain-lain.